3 Cara Mengelola Keuangan dengan Baik

Notification

×

Iklan

Iklan

3 Cara Mengelola Keuangan dengan Baik

Minggu, 14 Agustus 2022 | 13:54 WIB Last Updated 2022-08-16T06:56:43Z


ZONAHALAL.ID-Bagi Anda yang memiliki penghasilan bulanan sebaiknya aturlah dengan bijak pengelolaan keuangan Anda. Hal ini bertujuan agar di akhir bulan atau tanggal tua keuangan Anda masih stabil dan cukup untuk memenuhi kebutuhan harian Anda. Karena nyatanya masih ada sebagian orang yang terlalu terlena saat baru mendapatkan gaji. Sehingga mereka langsung membelanjakan uang mereka dengan semaunya.


Alhasil uang mereka cepat boros dan belum sampai tanggal tua uang mereka sudah habis. Mensiasati hal demikian alangkah baiknya mulai sekarang Anda atur keuangan dengan baik saat baru mendapatkan gaji. Gunakanlah gaji dengan hal-hal yang memang diperlukan dan dibutuhkan. 


Berikut ini tiga tips agar keuangan Anda tetap stabil sampai tanggal tua.


1. Gunakan gaji sesuai kebutuhan


Memang tidak dipungkiri, saat baru menerima gaji Anda akan memiliki banyak keinginan serta hasrat untuk membelanjakan uang Anda. Dan tanpa Anda sadari uang tersebut justru cepat habis dan tidak tersisa. Alhasil di tanggal tua Anda akan kebingungan karena uang telah menipis. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus bisa menggunakan gaji tersebut sesuai kebutuhan Anda. Ambillah sebagian gaji untuk keperluan yang memang dibutuhkan seperti makanan pokok, serta kebutuhan lainnya. Dan jika ada uang lebih maka sebaiknya ditabung untuk jaga-jaga misal di akhir bulan ada keperluan lain yang harus dibeli.


2. Sisakan uang gaji untuk ditabung


Jika Anda ingin memiliki uang lebih untuk keperluan mendadak, sebaiknya sisihkan sebagian uang Anda untuk ditabung. Menabung memiliki banyak manfaat, selain menghemat pengeluaran menabung juga bisa dibuat untuk keperluan yang tidak terduga serta bisa dijadikan alternatif jika di tanggal tua uang Anda mulai menipis.


3. Membuat rencana keuangan


Hal ini penting agar Anda bisa mengetahui kemana saja dan untuk keperluan apa saja uang itu dikeluarkan. Dengan mengetahui dan membuat rencana keuangan maka uang tersebut sudah ada tupoksinya serta takarannya. Anda bisa membuat rencana keuangan dengan membuat catatan kecil. Misal berapa persen untuk kebutuhan sehari-hari, berapa persen untuk ditabung dan berapa persen untuk keperluan lainnya. Sehingga dengan melakukan hal demikian, keuangan Anda akan tetap stabil dan cukup untuk satu bulan penuh bahkan lebih.