7 Cara Halal Hasilkan Cuan dari Internet

Notification

×

Iklan

Iklan

7 Cara Halal Hasilkan Cuan dari Internet

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 09:35 WIB Last Updated 2022-08-23T02:43:45Z

 



ZONAHALAL.ID-Dikenal sebagai sumber informasi dan hiburan, internet ternyata bisa jadi ladang cuan. Asalkan tahu caranya, ada banyak jalan menghasilkan uang dari internet. Akan tetapi, pastikan caramu menghasilkan cuan dari internet itu halal, ya! Kalau kamu pakai cara haram dan terlarang, sudah pasti kamu akan kena masalah, salah satunya bisa mendapat hukuman dari pihak berwajib. 


Tak mau sampai melakukan cara terlarang untuk dapat uang dari internet? Simak pilihan pekerjaan online berikut ini!


1. Menjadi Content Creator YouTube


Cara seru menghasilkan uang dari internet adalah dengan menjadi kreator konten di YouTube. Kamu bisa membuka channel sendiri dan mengunggah video yang sudah dimonetisasi agar bisa menghasilkan. Kalau dahulu YouTube membatasi orang yang ingin membuka channel dan mengunggah video, kini media tersebut sudah melonggarkan peraturannya. 


Siapa saja bisa punya channel dan menghasilkan uang dari video yang diunggah. Kamu bisa pasang iklan pada videomu untuk menghasilkan uang.


2. Menawarkan Jasa Penulisan Artikel


Bekerja sebagai penulis lepas yang menawarkan jasanya secara online bisa jadi cara menghasilkan uang dari internet. Pekerjaan ini halal dan pastinya tidak menyalahi peraturan digital apa pun. Kamu yang punya kemampuan di bidang penulisan artikel website bisa menawarkan jasa ke perusahaan yang membutuhkan. Bergabunglah ke portal untuk mencari pekerjaan online agar kamu bisa bertemu dengan klien yang membutuhkan jasamu.


3. Menjual Karya Desain


Tidak punya kemampuan menulis untuk dijual ke klien? Tidak masalah, sebab kamu punya alternatif lain menghasilkan uang dari internet lewat karya. Kalau kamu bisa mendesain logo, banner, flyer, dan lainnya, peluangmu dapat uang secara online terbuka lebar. 


Sekarang sudah banyak desainer grafis dan lainnya yang menawarkan jasanya lewat online. Mereka memajang portofolio terbaik untuk menarik perhatian klien. menghasilkan uang dari internet


4. Membuka Toko Online


Punya toko online yang menjual aneka macam produk mulai dari pakaian hingga makanan sekarang ini sudah amat umum. Kamu tidak perlu menyewa ruko atau membangun toko fisik untuk menjual produk. Cukup buat akun di e-commerce atau marketplace untuk mulai berjualan online. 


Pilihan lain yang lebih sederhana adalah menjual produk lewat WhatsApp atau Instagram pribadi. Mulailah dari jumlah kecil. Saat pelangganmu bertambah, kamu bisa buka website sendiri untuk brand-mu.


5. Menawarkan Jasa Pembuatan Website


Cara menghasilkan uang dari internet yang satu ini memang lebih cocok untuk kamu yang sudah menguasai kemampuan membuat website. Kemampuan itu bakal lebih menjual kalau kamu ada pengalaman di bidang SEO off page dan on page, sekaligus riset keyword dan SEO-nya. 


Kamu bisa menawarkan paket lengkap pembuatan website ke perusahaan atau individu yang sedang butuh. Satu transaksi pembuatan website ini bisa sampai jutaan Rupiah, lho!


6. Mengisi Survei Berbayar


Mengisi survei pastinya sudah biasa kamu lakukan. Namun, agar bisa menghasilkan uang dari internet, isilah survei yang berbayar. Beberapa perusahaan survei biasanya akan memberikan komisi pada mereka yang telah mengisi surveinya. Komisi itu bisa jadi berupa voucher belanja di platformnya, uang tunai, pulsa atau paket data, hingga saldo dompet digital. Lumayan, kan, untuk tambah-tambah uang jajan?


7. Jualan Pulsa dan Paket Data


Meski sekarang ini pulsa dan paket data bisa dibeli lewat marketplace, m-banking, dan channel pembelian lain, tapi konter pulsa pinggir jalan masih tetap laku. Pasalnya, ada banyak orang yang tidak bisa menggunakan marketplace atau m-banking sehingga harus membeli pulsa di agen maupun konter. Oleh sebab itu, kamu bisa mulai usaha jualan pulsa dan paket data ini. Kamu juga bisa memulainya dengan modal kecil, misalnya Rp200-500 ribu.


Apa pun usaha kamu untuk menghasilkan uang dari internet, pastikan tetap halal dengan menghindari penipuan, pembajakan, dan tindak kriminal lain. Kemudian, mudahkan usaha online kamu dengan menggunakan Selly, aplikasi keyboard dan dashboard untuk mengelola pesanan pelanggan. 


Selly cocok untuk kamu yang jualan online karena aplikasi ini punya fitur “Auto Text”, “Cek Ongkir”, “Bikin Tagihan”, sampai “Pengingat Pembayaran”. Yuk, pakai Selly untuk bisnis online yang lebih mudah dan efisien!