3 Strategi Utama Jabar dalam Menjadikan Destinasi Wisata Halal

Notification

×

Iklan

Iklan

3 Strategi Utama Jabar dalam Menjadikan Destinasi Wisata Halal

Kamis, 29 September 2022 | 08:02 WIB Last Updated 2024-01-09T02:54:56Z




ZONAHALAL.ID-Jawa Barat sudah dianugerahi berkah oleh Allah SWT dengan berbagai kekayaan pemandangan alam dan kebudayaan yang mempesona sehingga menjadi daya tarik wisata. Berkah tersebut harus diolah dengan gagasan dan komitmen untuk dapat menjadikannya memiliki nilai tambah ekonomi. 


Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat mempunyai visi untuk menjadikan sektor pariwisata sebagai lokomotif ekonomi. 


Dalam Buku Pedoman Pariwisata Halal Jawa Barat tahun 2019, Gubernur Jabar, Mochamad Ridwan Kamil, terus mendorong program Pariwisata Juara pada tahun 2019-2023 melalui Master Plan Pembangunan Pariwisata Jawa Barat yang terdiri dari tiga strategi utama, yaitu: 


Pertama, memperbaiki aspek  aksesibilitas dan infrastruktur menuju tempat wisata, 

Kedua, mengembangkan potensi destinasi wisata, 

Ketiga, mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) berbasis pariwisata. 

Dalam rangka implementasi Master Plan tersebut, program Pariwisata Halal Juara menjadi program terobosan yang diharapkan mampu menyerap permintaan pasar wisata halal yang saat ini telah memasuki fase global mainstream market bukan lagi niche market, yang artinya kebutuhan terhadap destinasi pariwisata yang ramah wisatawan muslim menjadi suatu keniscayaan.


Jawa Barat dengan jumlah penduduk mencapai 48 juta jiwa dan menjadi provinsi dengan jumlah penduduk muslim terbesar di Indonesia memiliki peluang besar untuk dapat mengoptimalkan segala potensi yang dimiliki untuk menjadi destinasi wisata halal unggulan terbaik di Indonesia.


Buku Pedoman Pariwisata Halal Jawa Barat ini memiliki 3 (tiga) tujuan, antara lain:

Pertama, Mengoptimalkan potensi pariwisata Jawa Barat melalui pengembangan destinasi pariwisata halal secara lebih progresif, terarah, dan berkesinambungan.

 

Kedua, Memberikan arahan yang substantif, aplikatif dan komprehensif bagi stakeholders dalam mengembangkan destinasi pariwisata halal di Jawa Barat.


Ketiga, Mensinergikan dan mengoptimalisasikan seluruh sumberdaya dan penggiat pariwisata halal di Jawa Barat.


Pedoman Pariwisata Halal Jawa Barat menganut Prinsip Inklusif dimana pariwisata halal harus memberikan kebermanfaatan tidak hanya untuk muslim tetapi juga untuk semua kalangan sehingga akan memperluas kemaslahatan bagi masyarakat.