3 Tips Penting Kelola Keuangan bagi Pelajar

Notification

×

Iklan

Iklan

3 Tips Penting Kelola Keuangan bagi Pelajar

Minggu, 25 September 2022 | 12:21 WIB Last Updated 2022-09-25T05:21:03Z


ZONAHALAL.ID-Bagi sebagian besar pelajar, mungkin belum tahu bagaimana lelah dan susahnya bekerja untuk menghasilkan uang. Maka tidak heran, para pelajar ini kerap kali belum bisa menghargai keberadaan uang. 


Berapa pun uang yang saat itu dimilikinya, para pelajar ini bisa saja menghabiskannya dalam waktu sekejap. Mereka tidak merasa khawatir jika uang mereka habis, karena besok pagi ketika akan berangkat sekolah, orang tua akan kembali memberikan mereka uang saku. 


Kebiasaan tidak bisa mengelola uang saat masih pelajar ini akan sangat berbahaya jika terbawa sampai ketika kalian sudah bekerja. Bisa jadi, kalian tidak akan bisa memiliki tabungan untuk masa depan karena kesalahan kalian tidak bisa mengelola uang yang dimiliki.


Oleh karena itu, sangat penting bagi para pelajar untuk mulai belajar mengelola uang. Nah, berikut merupakan 3 tips penting yang bisa kalian ikuti sebagai langkah awal mengelola uang yang kalian miliki.


1. Buat Catatan Ketika Berbelanja Alat Sekolah


Ketika kalian hendak pergi ke toko alat tulis ataupun ke toko-toko lain untuk berbelanja kebutuhan sekolah, kalian wajib mencatat barang apa saja yang akan kalian beli. Selain sebagai pengingat agar tidak ada barang yang lupa dibeli, catatan ini juga dapat dijadikan sebagai self-control agar kalian tidak membeli barang-barang lain yang tidak dibutuhkan. Dengan mengikuti tips ini, kalian dapat mencegah pemborosan dan uang yang kalian miliki dapat digunakan untuk keperluan lain. 


2. Rutin Menabung



Tips agar kalian bisa rutin menabung ialah jangan menabung sisa uang jajan kalian. Tetapi, sisihkan uang jajan kalian untuk ditabung. Kalian bisa menyisihkan setidaknya 10% dari uang jajan (atau bisa juga lebih besar). Ketika kalian rutin mengikuti tips ini, kalian akan memiliki tabungan yang cukup dan dapat digunakan untuk keperluan-keperluan mendesak ataupun keperluan besar yang kalian rencanakan. 


3. Catat Alur Pengeluaran dan Pemasukan


Meski pemasukan utama kalian sebagai pelajar ialah uang saku dari orang tua, tetapi kalian juga perlu mencatat berapa pemasukan yang kalian dapatkan dan juga pengeluaran yang kalian lakukan. Dengan belajar mencatat pemasukan dan pengeluaran ini kalian dapat melihat alur kas keluar-masuknya uang yang kalian miliki. Jika dilakukan secara konsisten, hal ini dapat menjadi kebiasaan baik yang akan sangat bermanfaat ketika kalian sudah bekerja nantinya.  


Nah, itulah 3 tips penting mengelola uang bagi kalian yang masih berstatus sebagai pelajar. Dengan rutin mengikuti tips tersebut, diharapkan dapat menjadi pembiasaan yang baik dan bermanfaat untuk masa depan kalian.