Adanya Masjid di Hotel Jadi Nilai Tambah Tingkatkan Pariwisata Ramah Muslim

Notification

×

Iklan

Iklan

Adanya Masjid di Hotel Jadi Nilai Tambah Tingkatkan Pariwisata Ramah Muslim

Rabu, 07 September 2022 | 17:21 WIB Last Updated 2024-01-09T02:54:38Z

 


ZONAHALAL.ID-Asisten Staf Khusus Wakil Presiden RI Guntur Subagja Mahardika mengatakan, keberadaan masjid di hotel, restoran, maupun mal, itu menjadi nilai tambah dalam meningkatkan pariwisata ramah Muslim. Dia menyampaikan, aspek yang terkait dengan ibadah memiliki daya tarik bagi industri pariwisata ramah Muslim.


"Jadi bagaimana pariwisata ramah Muslim ini tinggal kita pertajam, kita kemas menjadi satu produk yang menarik bagi wisatawan mancanegara," kata dia dalam agenda Focus Group Discussion (FGD) daring bertajuk 'Penguatan Regulasi dan Standarisasi Pariwisata Ramah Muslim di Indonesia', yang digelar Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia (DEKS-BI), Selasa (6/9/2022).


Guntur menekankan, pelayanan prima menjadi standar yang mendasar dalam pariwisata. Karena itu, pariwisata ramah Muslim harus mengedepankan pelayanan prima dan mengusung nilai-nilai etika. Terlebih di Indonesia terdapat berbagai potensi pariwisata ramah Muslim. Antara lain ialah kuliner, destinasi, pariwisata spiritual, seni dan budaya Islam, fasyen, gaya hidup, ekonomi kreatif dan lainnya.


"Indonesia sudah memiliki semua pariwisata ramah Muslim. Misalnya kita punya situs-situs bersejarah dari Aceh sampai Papua, yang menceritakan story tentang kebangkitan Islam dan monumen yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata atau complement dalam industri wisata," paparnya.