6 Restoran di Australia yang Bersertifikat Halal dan Aman untuk Wisatawan Muslim

Notification

×

Iklan

Iklan

6 Restoran di Australia yang Bersertifikat Halal dan Aman untuk Wisatawan Muslim

Rabu, 26 Oktober 2022 | 08:53 WIB Last Updated 2024-01-09T02:56:13Z

ZONAHALAL.ID-Selama menutup wilayahnya untuk wisatawan asing akibat pandemi Covid-19, Australia membenahi pariwisatanya. Kini, saat perbatasan sudah kembali dibuka, negeri kangguru siap menyambut para turis dari berbagai belahan dunia, termasuk wisatawan muslim.


Country Manager Indonesia-South East Asia Tourism Australia Agitya Nuraini mengatakan bahwa pihaknya siap menyediakan berbagai tempat makan atau restoran yang ramah bagi umat Muslim. 


"Kami menyebutnya kuliner yang moslem friendly karena belum semua restoran di Australia memiliki sertifikat halal. Kalau sebagai destinasi kuliner halal kan anggapannya semua sudah memiliki sertifikat halal," kata dia.


Dilansir Travel Tempo, untuk mewujudkan itu, Tourism Australia melakukan persiapan dan pelatihan bagi seluruh operator wisata khususnya kuliner demi menyambut wisatawan muslim. 


Para operator tersebut dilatih untuk mengetahui jenis makanan atau bahan makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh disajikan kepada wisatawan muslim serta karakteristik wisatawan muslim yang berbeda dari negara satu dengan negara lainnya.


Berikut ini adalah enam restoran yang direkomendasikan oleh Tourism Australia yang sudah memiliki sertifikasi halal:


1. Mecca Bah, Brisbane


Lokasinya berada di tengah Fortitude Vallley, sebuah kota di pinggir Brisbane. Restoran ini menyajikan hidangan Timur Tengah yang lezat.


Ragam hidangan itu antara lain ini kacang tumbuk kerang atau Coleslaw Timur Tengah, Zingy atau Tagine domba lembut dengan lemon yang diawetkan, zaitun hijau dan Harissa, ikan todak berasap dari panggangan yang dibumbui  dilengkapi dengan kue Basbousa lengket dan sirup.


2. Mado Restaurant, Brisbane


Restoran yang berada di tepi sungai Brisbane di South Bank ini menyajikan masakan khas Turki. Hidangan yang bisa disantap di sini adalah olahan daging domba Shish Char-panggang.


Sambil makan, pengunjung bisa sekaligus menonton pertunjukan tari perut (belly dancer) pada Jumat dan Sabtu malam atau menikmati hidangan Anatolia yang otentik seperti Hunkar Begendi maupun ayam “guvec”.


3. Sumatra Cafe, Darwin


Ini adalah salah satu restoran yang digemari para penggemar kari. Selain itu, pengunjung menyukai menu gulai dan balado terung yang disajikan di sini.


Restoran ini juga menyajikan beragam minuman segar, seperti es kacang merah dengan jeli, aneka buah dan es serut. Restoran ini juga memiliki tempat yang nyaman ditambah dengan harga yang sangat bersahabat.


4. The Saffron Waterfront Indian Restaurant, Hobart


Berlokasi di daerah dermaga bersejarah dan indah dari Hobart, The Saffron telah lama menjadi tempat favorit bagi penduduk setempat. Koki di restoran ini memiliki pengalaman dan jam terbang tinggi dalam menyajikan masakan tradisional khas India.


Beragam olahan daging, ikan laut dan sayuran tersedia di sini. Para koki bisa mengakomodir permintaan hidangan khusus di luar menu biasa.


5. Abla's, Melbourne


Ini adalah restoran yang telah bertahan selama 35 tahun di Australia. Koki sekaligus pemilik yang berasal dari Lebanon, Abla Ahmed, telah “menggubah” dips (saus kental) yang otentik menjadi lebih menakjubkan.


Restoran ini juga menyajikan sosis rumahan yang pedas khas Lebanon, baklava serta sejumlah hidangan klasik seperti Fattoush dan Falafel hingga Kafta Mishwee dan daging domba mentah serta Kibbee Burghal Nayeh.


6. Effendy, Sydney


Restoran dua lantai ini menyajikan hidangan khas Turki. Di lantai bawah, ada bar yang riuh dan penuh canda tawa dengan menu makanan seperti Shakshuka sayur hangat dan ikan teri gaya Laut Hitam. Sedangkan restoran di atasnya, menampilkan dekorasi, hidangan dan layanan dengan tingkatan yang lebih tinggi.


Saat ke sini, jangan lewatkan menu musiman dengan penggunaan produk lokal dari borek, keju tulum hingga tusuk sate kingfish dengan adas dan okra. Pie bahu domba yang dimasak secara lambat (slow cook) adalah menu yang patut di coba.


Jadi, saat ke Australia, wisatawan muslim tak perlu bingung mencari tempat makan halal. Tourism Australia juga terus mensosialisasikan agar bisa menyediakan kuliner halal untuk wisatawan muslim.