Ayo Belajar tentang Studi Kelayakan Bisnis dari Dadang Husen Sobana

Notification

×

Iklan

Iklan

Ayo Belajar tentang Studi Kelayakan Bisnis dari Dadang Husen Sobana

Selasa, 04 Oktober 2022 | 06:30 WIB Last Updated 2022-10-03T23:30:00Z




ZONAHALAL.ID-Dr. H. Dadang Husen Sobana, M.Ag., Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sunan Gunung Djati Bandung menjelaskan studi kelayakan bisnis merupakan langkah awal yang menjadi titik acuan dalam memutuskan pembangunan sebuah usaha. Kegiatannya mempelajari secara mendalam usaha yang akan dijalankan untuk menentukan layak atau tidaknya suatu bisnis dijalankan.


"Tujuan utama studi kelayakan bisnis mengukur seberapa besar potensi usaha tersebut, baik dalam situasi mendukung maupun situasi yang tidak mendukung," tegasnya, Selasa (04/10/2022)


Menurutnya, dalam melakukan studi kelayakan bisnis, ada tahapan yang wajib dilakukan, antara lain identifikasi, yaitu melakukan perincian dan perkiraan berbagai peluang dan hambatan; perumusan, yaitu penyimpulan awal dari data-data indentifikasi yang dikumpulkan; penilaian, yaitu melakukan analisis dan menilai aspek pasar, finansial, masalah teknis, dan perekonomian; pemilihan, yaitu tahap menentukan alternatif karena adanya keterbatasan dan tujuan yang ingin dicapai; implementasi, yaitu menjalankan bisnis dengan tetap berpegang pada anggaran dan keputusan yang telah difinalisasi.


"Hasil studi kelayakan bisnis berupa dokumentasi lengkap dalam bentuk tertulis, yang diperlihatkan mengenai rencana bisnis memiliki nilai-nilai positif bagi aspek-aspek yang diteliti sehingga akan dinyatakan sebagai proyek bisnis yang layak," jelasnya. 


Studi kelayakan bisnis diperuntukkan dalam merencanakan bisnis. Untuk memenuhi kepentingan itu, penyajian buku ini diawali dengan kajian Filosofi dan Etika Bisnis; Konsep Dasar Studi Kelayakan Bisnis; Teori dan Konsep Investasi; Manajemen, Struktur Modal Kerja, dan Kebijakan Defiden; Pohon Keputusan: Pendukung Pengambilan Keputusan Bisnis. Selanjutnya, berturut-turut membahas Analisis Aspek Usaha; Aspek Investasi; Aspek Sumber Daya Manusia; Aspek Pemasaran; Aspek Teknik dan Teknologi Informasi; Aspek Keuangan; Aspek Ekonomi, Sosial, dan Politik; Aspek Diversifikasi, Merger, dan Akuisisi; Aspek Risiko Bisnis; Analisis Perencanaan Bisnis.


Ingin tahun penjelasnya lebih detail, silahkan baca buku Studi Kelayakan Bisnis, karya H. Dadang Husen Sobana, M.Ag., Bandung: CV Pustaka Setia, Cet. I Februari 2018. Dengan Kata Pengantar Dr. Beni Ahmad Saebani, M.Si., Dosen Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Selamat membaca!