OJK Dorong Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah di Pesantren

Notification

×

Iklan

Iklan

OJK Dorong Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah di Pesantren

Selasa, 25 Oktober 2022 | 03:30 WIB Last Updated 2022-10-25T01:41:20Z

ZONAHALAL.ID-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bekerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) Syariah menggelar rangkaian kegiatan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan syariah.


Kegiatan ini juga sekaligus untuk menyemarakkan Hari Santri Nasional tahun 2022. Untuk itu, OJK menggelar kegiatan dengan mengusung tema Santri Cakap Literasi Keuangan Syariah (Sakinah).


Perayaan Hari Santri Nasional dibuka dengan upacara pembukaan  yang dilaksanakan secara serentak di lima pondok pesantren pada tanggal 22 Oktober 2022 yang dipusatkan di Pondok Pesantren Al-Munnawir Krapyak, Bantul.



Kemudian diikuti oleh Pondok Pesantren Darunnajah - Jakarta, Pondok Pesantren Mathla’ul Anwar Leuwipanjang - Banten, Pondok Pesantren API Syubbanul Wathon Secang – Magelang, dan Pondok Pesantren Al-Anwar – Bangkalan. 


Anggota Dewan Komisioner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Friderica Widyasari Dewi dalam sambutannya menyampaikan pentingnya pemahaman keuangan syariah bagi santri. 


Santri didorong memiliki tingkat literasi keuangan yang baik agar dapat memperoleh kesempatan yang sama dalam mengakses keuangan (inklusi) pada lembaga jasa keuangan formal. 


“Pada intinya belajar keuangan itu adalah kemampuan kita untuk dapat mandiri secara keuangan nantinya. Karena ilmu tentang pengelolaan keuangan adalah keterampilan hidup yang sangat penting dibutuhkan oleh kita semua,” kata Friderica dilansir Warta Ekonomi, Senin (24/10/2022). 


Menurutnya, tingkat literasi keuangan yang baik juga dapat menumbuhkan kesadaran mengenai kewaspadaan terhadap penawaran investasi ilegal atau bodong yang marak terjadi di masyarakat.


Untuk itu, ia berharap Perayaan Hari Santri Nasional 2022 di pondok pesantren dapat memberikan efek ganda kepada lingkungan sekitar, mengingat peran penting santri di lingkungannya.


"Kami juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan literasi keuangan pada masyarakat sehingga dapat berkontribusi dalam upaya pencegahan agar tidak terjerumus pada utang yang konsumtif atau penipuan yang berkedok investasi," terangnya. 


Rangkaian kegiatan Hari Santri Nasional meliputi Talkshow Edukasi Keuangan Syariah, Launching Gerakan Santri Menabung, dan Tabligh Akbar atau Doa Bersama. Kegiatan dilanjutkan dengan pembukaan rekening Simpel iB selama periode 22 – 25 Oktober 2022 guna mendukung Gerakan Santri Menabung dan Bulan Inklusi Keuangan. 


Puncak dan upacara penutupan Hari Santri Nasional direncanakan pada 28 Oktober 2022 akan dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin dengan agenda penyerahan simbolis rekening tabungan santri, dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara OJK dengan MES.