Forum H20, Kemenag Ajak 104 Delegasi dari 40 Negara Bahas Jaminan Produk Halal

Notification

×

Iklan

Iklan

Forum H20, Kemenag Ajak 104 Delegasi dari 40 Negara Bahas Jaminan Produk Halal

Senin, 14 November 2022 | 10:49 WIB Last Updated 2022-11-14T03:49:37Z




ZONAHALAL.ID-Kementerian Agama (Kemenag) melalui Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) akan menggelar forum Halal 20 (H20) di Semarang, Jawa Tengah. Diketahui,  acara ini menjadi bagian dari Presidensi Indonesia dalam gelaran G20.


“H20 berlangsung mulai 17-19 November 2022 dengan mengusung tema Global Halal Partnership for a Robust Sustainable Future,” kata Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham, di Jakarta, seperi dikutip dari siaran pers Senin (14/11/2022). 


Aqil mengatakan, dalam forum H20, BPJPH mengundang perwakilan 104 Lembaga Halal Luar Negeri (LHLN) dari 40 negara, sejumlah duta besar serta perwakilan kementerian/lembaga pemangku kepentingan. Selain itu, acara ini rencananya akan dibuka langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.


“Pak Wapres Ma’ruf jug akan membuka sekaligus menyampaikan Keynote Speech dalam H20,” imbuh Aqil.


Aqil meyakini, penyelenggaraan H20 bertujuan untuk memperkuat, mempromosikan, dan mengembangkan kerja sama jaminan produk halal (JPH) dalam pasar global atas dasar saling pemahaman, penerimaan, dan menguntungkan. 


“Karenanya, dalam forum ini juga akan dilakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MOU) serta Mutual Recognition Agreement (MRA) antara BPJPH dengan sejumlah  LHLN disaksikan Wapres Ma’ruf Amin,” jelas Aqil.


Sebagai informasi, Forum H20 juga akan membahas sejumlah isu global terkait jaminan produk halal. Mulai dari aturan saling keberterimaan sertifikasi halal untuk percepatan kerja sama ekspor impor produk. 


“Forum ini diharapkan dapat melahirkan strategi bersama untuk meningkatkan produktivitas pasar halal global,” Aqil menandasi.