Riset UIN SGD: Literasi Keuangan, Inklusi dan Sistem Financial Technology

Notification

×

Iklan

Iklan

Riset UIN SGD: Literasi Keuangan, Inklusi dan Sistem Financial Technology

Rabu, 21 Desember 2022 | 11:08 WIB Last Updated 2022-12-21T04:58:47Z

 



Oleh Nabil Muhammad Alawi, Vemy Suci Asih dan Dadang Husen Sobana


ZONAHALAL.ID-Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh literasi keuangan dan inklusi terhadap penggunaan sistem financial technology. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan merebaknya penggunaan financial technology di kalangan mahasiswa. 


Financial technology membantu transaksi jual beli sehingga sistem pembayaran menjadi lebih ekonomis dan efisien serta tetap efektif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif melalui pendekatan analisis deskriptif. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kusioner dengan sampel penelitian mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung


Hasil penelitian menunjukkan pengaruh literasi keuangan yang dibuktikan dengan indikator kemanfaatan dan indikator kemudahan linier terhadap penggunaan sistem financial technology bagi mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 


Responden sebesar 48% mengakui literasi mengenai penggunaan financial technology sudah dirasakan serta dibuktikan dengan pengetahuan responden mengenai financial technology yang dapat memudahkan proses transaksi atau layanan finansial. 


Selain itu, penelitian pengaruh inklusi sejalan lurus dengan penggunaan sistem financial technology. Responden sebesar 70% mengakui   bahwa   perkembangan financial   technologysaat   ini   dapat   dilakukan   untuk melakukan pembayaran online. 


Ingin tahu selengkapnya hasil riset UIN Bandung ini bisa dibaca pada  Jurnal MAPS (Manajemen Perbankan Syariah), VOL. 4 NO. 1 2020:36-44