Riset UIN SGD: Sharia Value, Brand Image dan Keputusan Menginap di Hotel

Notification

×

Iklan

Iklan

Riset UIN SGD: Sharia Value, Brand Image dan Keputusan Menginap di Hotel

Rabu, 11 Januari 2023 | 06:30 WIB Last Updated 2023-01-10T23:45:33Z

 



Oleh Hamdan Fathoni, Deni Kamaludin Yusup, Widiawati, Vemy Suci Asih, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sharia value dan brand image terhadap keputusan menginap di hotel syariah, dengan fokus studi pada Daarul Jannah Cottege. 


Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Teknis analisis data menggunakan metode deskriptif dan analisis uji regresi linier. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa sharia value dan brand image secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap di Hotel Syariah. 

Sharia value dan brand image juga secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap di Hotel Syariah. Hal tersebut dibuktikan dengan perbandingan antara nilai Fhitung dan nilai Ftabel yaitu sebesar 4.377 > 4.10 dengan nilai signifikansi 0.047 < 0.05. 


Kumudian korelasi antara sharia value dan brand image terhadap keputusan menginap juga ditunjukkan dengan nilai 0.702 atau 70.2%. Hasill tersebut mengindikasikan terdapat korelasi yang kuat antara variabel independen sharia value dan brand image secara simultan berpengaruh terhadap variabel keputusan menginap di Hotel Syariah, yang dibuktikan dengan nilai R Square (R2) sebesar 0.493 atau 49,3%. 


Hasil ini menunjukkan bahwa hubungan antara sharia value dan brand image terhadap keputusan menginap adalah sebesar 49.3%, dan sisanya sebesar 50.7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Untuk mengetahui selangkapnya hasil penelitian ini dapat dilihat pada laman UIN Sunan Gunung Djati Bandung