4 Tips Bertanya Kehalalan Makanan yang Tak Ada Sertifikat Halal

Notification

×

Iklan

Iklan

4 Tips Bertanya Kehalalan Makanan yang Tak Ada Sertifikat Halal

Rabu, 19 April 2023 | 08:30 WIB Last Updated 2023-04-19T01:30:00Z




ZONAHALAL.ID-Restoran yang tak punya sertifikat halal belum tentu menyediakan menu yang tak halal. Untuk memastikan hal tersebut, coba tanyakan kehalalan makanan dengan 8 tips ini.


Saat makan di restoran, rumah makan, atau kafe, muslim perlu memastikan tempat makan tersebut menyajikan menu halal. Cara mengenalinya bisa dengan memastikan ada logo halal atau sertifikat halal di tempat makan tersebut.


Sayangnya belum semua pemilik tempat makan mengurus atau memiliki sertifikat halal sehingga membuat muslim ragu jika ingin bersantap di sana. Tapi faktanya, tidak ada sertifikat halal bukan berarti menu yang disajikan tak halal.


Muslim perlu aktif bertanya untuk memastikan benarkah tempat makan itu menyajikan menu halal, meski belum ada sertifikat halal? Untuk menanyakan hal itu, tak cukup hanya tanya "halal atau tidak?"


Ada beberapa kriteria yang bisa dijadikan patokan soal kehalalan makanan di restoran. Kreator konten Dian Widayanti yang fokus membahas aspek halal haram makanan memberikan tips seputar bertanya kehalalan makanan di tiap restoran.


Mengutip unggahan Instagram @dianwidayanti pada Detik Food, berikut 4 tips bertanya kehalalan makanan di restoran yang tak ada sertifikat halal:


1. Restoran Jepang

Restoran Jepang kini digemari orang Indonesia. Untuk memastikan tempat makan tersebut halal atau tidak, kamu bisa meminta pegawai restoran untuk menanyakan ke bagian dapur.


"Apakah makanan di sini 100% halal?" Kemudian tanya lagi soal, "Apakah menggunakan mirin, sake, shoyu beralkohol, arak masak, atau alkohol sejenis?" Jika ya, pertanda restoran Jepang tersebut tidak 100% halal dan sebaiknya dihindari.


2. Restoran Korea


Di restoran Korea, ada banyak titik kritis kehalalan sebuah menu. Hal itu perlu ditanyakan ke pegawai restoran dan dapur.


"Apakah menu di sini ada yang mengandung pork, lemak babi, gochujang beralkohol, atau menjual minuman beralkohol seperti soju?" Tanya juga untuk memastikan, apakah makanan di sini 100% halal?


3. Restoran China


Menu-menu Chinese food begitu disukai muslim Indonesia. Karenanya penting memastikan kehalalan menu Chinese food di sebuah restoran. Kamu bisa bertanya beberapa penggunaan bahan yang rawan tak halal.


Misalnya angciu, arak masak, atau alkohol sejenisnya. Jangan lupa juga menanyakan adakah menu yang mengandung babi, lemak babi, dan dibuat dengan bahan-bahan tadi?


4. Restoran steak



Menanyakan kehalalan menu di restoran steak juga ada tipsnya. "Apakah menu steak di sini menggunakan daging yang sudah bersertifikasi halal?", "Apakah proses marinasi daging dan sausnya menggunakan alkohol, wine, atau sejenisnya?", "Apakah makanan dan minuman di sini 100% halal?"