5 Tips Sehat Selama Ramadan Ala Sadaf Shaikh

Notification

×

Iklan

Iklan

5 Tips Sehat Selama Ramadan Ala Sadaf Shaikh

Selasa, 18 April 2023 | 08:30 WIB Last Updated 2023-04-18T01:30:00Z



ZONAHALAL.ID-Bulan Ramadan yang diberkahi adalah waktu untuk pertumbuhan dan pembersihan spiritual, dan ini juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk memerbaiki pola makan ke arah yang lebih sehat. Ada beberapa tips sehat selama Ramadhan, lho!


Lantas, bagaimana kita bisa memiliki Ramadhan yang sehat tersebut?


Allah SWT berfirman: “Makan dan minum, tapi jangan berlebihan. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang berbuat berlebihan ” (QS Al-A’raf [7]:31).


Jadi penting untuk membuat Ramadan penuh gizi baik secara spiritual maupun fisik. Simak 5 tips dari Sadaf Shaikh, PMDip, RD yang dikutip dari Islam Pos, berikut ini untuk mendapatkan Ramadan yang menyehatkan:


1. Tips Sehat Selama Ramadhan: Buat rencana makan dan daftar belanjaan


Jika Anda berencana untuk makan sehat, kemungkinan besar Anda akan melakukannya! Buat rencana makan, dan buat daftar belanjaan untuk menyiapkan sahur, buka puasa, dan makanan ringan yang sehat. Dan lakukan perjalanan itu sebelum Ramadhan atau cobalah untuk pergi selama jam-jam Anda tidak berpuasa (hindari berbelanja bahan makanan dengan perut kosong!).


2. Tips Sehat Selama Ramadhan: Persiapan makan lebih awal untuk menghemat waktu dan memiliki Ramadhan yang lebih sehat

Siapkan makanan atau kudapan sebelumnya, bekukan dan panaskan kembali saat Anda membutuhkannya. Dengan begitu Anda tidak perlu terburu-buru saat sahur atau buka puasa. Beberapa contoh termasuk pancake protein, roti pipih, samosa panggang, burger vegetarian, shami kebab, dll. Dan waktu memasak berarti lebih banyak waktu untuk ibadah . Untuk resep sahur dan buka puasa yang bisa kamu persiapkan sebelumnya, simak E-Book 50 Resep Ramadhan 


3. Tips Sehat Selama Ramadhan: Konsumsi setiap nutrisi utama (makro) setiap kali makan


Makan berbagai makanan dengan protein, karbohidrat, dan lemak sehat [1] memastikan Anda menutrisi tubuh dengan nutrisi penting dan melakukan yang terbaik untuk mempertahankannya selama puasa, dan mengisinya kembali setelahnya.


Kehilangan makronutrien dapat memiliki konsekuensi negatif seperti merasa lapar, kehilangan otot, atau gula darah rendah (menyebabkan sakit kepala, pusing, kelelahan, dll) [2].


4. Tips Sehat Selama Ramadhan: Selamat sahur! Itu adalah berkah dan sunnah


Nabi (saw) bersabda ” Makanlah sahur, karena di waktu sahur ada berkah.” (Bukhaari, Muslim)


Cobalah makan sedekat mungkin dengan fajar (sholat subuh) untuk membantu Anda merasa berenergi lebih lama.


Hal ini dapat menurunkan kemungkinan gula darah rendah dan efek samping yang menyertainya (misalnya kelelahan, sakit kepala, mudah tersinggung, dll) [2].


Sertakan makanan yang memiliki protein, lemak sehat, serat, dan lebih banyak karbohidrat kompleks yang akan meningkatkan gula darah Anda secara perlahan, sehingga Anda bertahan lebih lama dan memungkinkan Anda menjalani Ramadhan yang lebih sehat.


5. Tips Sehat Selama Ramadhan: Hidrasi! Hidrat! Hidrasi! Untuk Ramadhan yang Lebih Sehat!


Tubuh kita sebagian besar terdiri dari air – menggunakannya untuk pencernaan, membuang limbah, mengangkut nutrisi, mengatur tekanan darah, dan banyak lagi [4].


Air adalah pilihan minuman terbaik Anda – Ini adalah sunnah untuk berbuka puasa dengan air dan Nabi Muhammad SAW mendorongnya saat sahur juga, “Makanlah sahur meskipun itu seteguk air.” (Ibn Hibban).