Ingin Jadi Pusat Riset Halal Nasional, Riau Dorong Percepatan Pembentukan BRIDA

Notification

×

Iklan

Iklan

Ingin Jadi Pusat Riset Halal Nasional, Riau Dorong Percepatan Pembentukan BRIDA

Senin, 29 Mei 2023 | 08:30 WIB Last Updated 2024-01-09T01:53:22Z

 



ZONAHALAL.ID-Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menunjukkan komitmennya terhadap pembangunan berkelanjutan dengan mendorong percepatan pembentukan Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) di Provinsi Riau.


Salah satu target yang ingin dicapai adalah menjadikan Riau sebagai pusat riset halal nasional dan upaya menggairahkan ekonomi provinsi tersebut.


Dalam pertemuannya dengan Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko di Jakarta. Syamsuar mengungkapkan keinginannya untuk mempercepat pembentukan BRIDA dan menjadikan Riau sebagai pusat riset halal nasional.


Syamsuar menyatakan, "Tadi Saya sudah bertemu Kepala BRIN menyampaikan keinginan untuk membentuk BRIDA, menjadikan Riau sebagai pusat riset halal nasional dan membicarakan kegiatan yang dapat dilakukan bersama di bidang riset dan inovasi," ujarnya, Senin (28/5/2023).


BRIDA, menurut Syamsuar, menjadi penting sebagai instrumen pemacu pertumbuhan ekonomi Riau, khususnya dalam menangani permasalahan produk-produk lokal, mulai dari produksi hingga pemasaran produk.


"BRIDA ini penting sebagai pengungkit pertumbuhan ekonomi, pemecahan masalah produk baik dari produksi sampai pemasaran produk yang tentu saja berbasis riset," tambah Syamsuar.


Gubernur Riau ini juga mengatakan bahwa Kepala BRIN mendukung pembentukan BRIDA di Riau dan meminta fokus pada produk yang bahan bakunya terdapat di Riau seperti kelapa sawit, sagu, ikan patin, madu, kelapa, karet, dan lainnya.


Syamsuar menjelaskan, "Kita mendapat dukungan dari Kepala BRIN dan beliau minta kita fokus pada produk seperti kelapa sawit, sagu, ikan patin, madu, dan lain-lain serta beliau meminta agar dapat memanfaatkan Science Techno Park yang kita miliki hingga terbentuknya BRIDA."


Pengembangan ini diharapkan dapat memaksimalkan potensi provinsi Riau dan membuka peluang baru bagi ekonomi lokal, melalui inovasi dan penelitian berbasis riset dalam bidang halal. Peran BRIDA, jika berhasil dibentuk dan dikembangkan dengan baik, dapat menjadi katalis untuk pertumbuhan dan pengembangan sektor-sektor potensial di Riau.