Yuk Amalkan, 3 Doa Melepas dan Menggunakan Pakaian

Notification

×

Iklan

Iklan

Yuk Amalkan, 3 Doa Melepas dan Menggunakan Pakaian

Rabu, 10 Mei 2023 | 10:27 WIB Last Updated 2023-05-10T03:27:03Z

 



ZONAHALAL.ID-Doa melepas pakaian termasuk ke dalam salah satu adab berpakaian dalam Islam. Membaca doa saat hendak mengerjakan aktivitas menjadi hal yang dianjurkan agar kegiatan yang dilakukan diridhai oleh Allah SWT.

Dilansir dari Detik, Doa melepas pakaian perlu diamalkan oleh umat Islam sebagai bentuk syukur atas nikmat dan rezeki berupa pakaian yang menjadi pelindung tubuh yang diberikan Allah SWT. Dalam surat Al A'raf ayat 26, Allah berfirman:


يَٰبَنِىٓ ءَادَمَ قَدْ أَنزَلْنَا عَلَيْكُمْ لِبَاسًا يُوَٰرِى سَوْءَٰتِكُمْ وَرِيشًا ۖ وَلِبَاسُ ٱلتَّقْوَىٰ ذَٰلِكَ خَيْرٌ ۚ ذَٰلِكَ مِنْ ءَايَٰتِ ٱللَّهِ لَعَلَّهُمْ يَذَّكَّرُونَ


Arab latin: Yā banī ādama qad anzalnā 'alaikum libāsay yuwārī sau`ātikum warīsyā, wa libāsut-taqwā żālika khaīr, żālika min āyātillāhi la'allahum yażżakkarụn


Artinya: "Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat,"



Doa Melepas Pakaian

Terdapat beberapa versi doa melepas pakaian. Apa saja? Berikut pembahasannya sebagaimana dinukil dari buku Tuntunan Doa & Zikir Sehari-hari terbitan Redaksi Qultum Media, Kumpulan Doa Mustajab Sepanjang Hayat oleh Drs Nurdin Hasan M Ag, dan 24 Jam Hidup dengan Doa dan Amal Harian Rasulullah tulisan Abu Bakar bin As-Sina.


1. Doa Melepas Pakaian Versi Pertama

Dari Anas bin Malik, dia berkata Rasulullah bersabda, "Tirai penghalang antara mata jin dan aurat Bani Adam ialah doa yang diucapkan tatkala dia melepas pakaian, doa itu ialah:


بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلَّا هُوَ


Arab latin: Bismillaahil ladzii laa ilaaha illaa huwa


Artinya: "Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain Dia,"


2. Doa Melepas Pakaian Versi Kedua


Doa Melepas Pakaian Versi Kedua

Arab latin: Allahummanza' annii robqotan nifaaqi wa tsabbitnii 'alal iimaan


Artinya: "Ya Allah, lepaskanlah dariku ikatan sifat munafik dan tetapkanlah aku pada keimanan,"


3. Doa Melepas Pakaian Versi Ketiga


Arab latin: Bismil laahil ladzii laa ilaaha illaa anta


Artinya: Dengan nama Allah yang tiada Tuhan selain Engkau," (HR Ibnu Sunni)


Doa Mengenakan Pakaian

اللّٰهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَ خَيْرِ مَا هُوَ لَهُ، وَ أَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَ شَرِّ مَا هُوَ لَهُ


Arab latin: Allahumma innii as'aluka khairii wa khairi ma huwa lahu, wa a'udzu bika min syarrihi wa khairi ma huwa lahu.


Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan baju ini dan kebaikan apapun untuknya. Dan aku berlindung dari keburukan baju ini serta keburukan apapun untuknya,"


Manfaat Melafalkan Doa Melepas Pakaian

Menurut buku terbitan Haura Utama yang bertajuk Living Hadis, ada sejumlah manfaat yang diperoleh dari melafalkan doa memakai dan melepas pakaian, antara lain ialah sebagai berikut:


1. Melindungi tubuh ketika aurat terbuka

2. Malu dan hormati selalu malaikat yang bersama kita

3. Melindungi tubuh dari pandangan jin

Rasulullah menjelaskan bagaimana bahayanya 'ain atau pandangan mata yang dapat menyebabkan kerusakan. Tidak hanya manusia, pandangan jin terhadap aurat manusia juga memiliki dampak buruk.


Selain itu, jin dapat masuk ke dalam tubuh manusia hanya karena mereka suka terhadap manusia. Ini terjadi karena jin melihat indahnya bentuk tubuh manusia sehingga mereka tertarik.


Demikian pemaparan tentang doa melepas pakaian. Semoga bermanfaat.