6 Tips Kelola Keuangan Biar Bisa Berkurban yang Dijamin Antigagal

Notification

×

Iklan

Iklan

6 Tips Kelola Keuangan Biar Bisa Berkurban yang Dijamin Antigagal

Kamis, 15 Juni 2023 | 08:30 WIB Last Updated 2023-06-15T01:30:00Z




ZONAHALAL.ID-Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) menyediakan jasa pembelian hewan kurban bagi masyarakat yang ingin berkurban di hari raya Idul Adha 1444 H.


Harga hewan kurban di Baznas beragam, tergantung jenis dan bobot masing-masing. Untuk kambing atau domba dengan bobot 23 kg, dipatok mulai harga Rp 2,6 juta per ekor.


Sementara itu, satu ekor sapi dengan berat sekitar 250 kg dibanderol mulai harga Rp 20,3 juta.


Selain berkurban sapi utuh, masyarakat juga dapat membayar kurban hanya sepertujuh bagian sapi, dengan harga mulai Rp 2,9 juta. (Kompas, 14 Juni 2023). 


Menjelang perayaan hari raya Idul Adha 2023, masyarakat mulai mencari sapi atau kambing untuk dijadikan hewan kurban.


Tak heran, harga sapi dan kambing untuk kurban pun mulai meningkat seiring dengan naiknya permintaan.


Dr. H. Dadang Husen Sobana, M.Ag, Ketua Prodi Manajemen Keuangan Syariah UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Ketua KSPPS BMT Al-Muhsinin Bandung memberikan tips cara mengelola keuangan biar bisa melaksanakan tradisi Nabi Ibrahim ini yang dijamin antigagal. 


1. Niat yang kuat ingin berkurban.


Sebelum mulai menabung, tips yang utama dan pertama adalah niat dalam hati untuk berkurban, itulah yang terpenting. Sebab persoalan berkurban bukan terletak pada kekayaan dan buat orang yang mampu saja melainkan semua orang punya kesempatan yang sama untuk berkurban. 


Aturan berkurban sejatinya bukanlah  untuk siapa yang mampu dan kaya namun lebih dari itu adalah siapa yang mau dan punya niat kuat ingin berkurban. Oleh karena itu, Jika niat sudah bulat untuk berkurban, akan terasa mudah dan ikhlas bagi kita dalam menyisihkan uang. Namun sebaliknya, bila niatnya masih goyah, nganggap enteng, setengah hati walaupun berkecukupan, maka kemungkinan untuk berkurbannya pun masih kecil bahkan bisa jadi akan gagal.


2. Menabung setiap bulannya.


Tips simpelnya asumsikan terlebih dahulu berapa harga seekor kambing saat Idul Adha nanti kemudian hitung ulang dengan jumlah pendapatan tetap kita tiap bulannya. Melalui tips ini biaya berqurban tidak akan terasa berat sebab  dilakukan dengan cara menabung. Anggap saja hal ini sama dengan kita melakukan angsuran  motor, Hp dan lainnya. Tips ini bisa dilakukan secara mandiri atau membuka tabungan di Koperasi Syariah BMT (Baitul Mal Wat Tamwil) atau DKM dimana kita bertempat tinggal.


3. Sisihkan uang setiap hari.


Ini tips yang sangat langka banget di era modern ini namun banyak dilakukan oleh orang tua kita zaman dulu.  Tak salah rasanya bila kita mau melakukan tips seperti ini.  Caranya, belilah celengan seperti saat anak-anak kita biasa menyisihkan uang jajan sekolahan.  


Lalu sisihkan setiap hari secara continue dan konsisten dengan jumlah yang sudah diasumsikan seharga kambing saat idul adha nanti dari pengeluaran yang kurang perlu yang biasa kita lakukan, seperti makan di restoran dan pengurangan belanja online. Misalnya, setiap hari kita menyisihkan Rp10.000, insya Allah dalam setahun ke depan saat idul adha nanti, celengan kita sudah terkumpul  sekitar Rp3,6 juta. Jumlah ini insya Allah cukup untuk berkurban kambing atau pun sapi.


4. Ikut atau buat arisan kurban.


Tips ini, bila kita sedikit merasa kesulitan untuk menjalankan point dua dan tiga di atas, yaitu dengan cara mengikuti arisan kurban. Cara seperti ini sama hal nya kita memiliki cicilan bulanan. Dimana kami mesti mengeluarkan  sejumlah uang yang besarnya sama secara rutin dengan nominal yang sudah disepakati bersama. 


Namun cara seperti ini mesti dicermati terlebih dahulu jangan sampai terjebak pada resiko penipuan arisan yang sering dan marak terjadi.  Karena itu akan lebih baik jika mengetahui cara pembayaran, jumlah arisan, jumlah peserta, jangka waktu arisan dan hal hal lainnya yang berkaitan dengan arisan tersebut, akan lebih aman bila hal ini dilakukan sesama keluarga besar, sesama tetangga dan rekan kantor kerja.


5. Membuat rekening khusus tabungan kurban dan Auto Debt dari rekening.


Tips ini adalah dengan membuat rekening khusus tabungan kurban di bank Syariah atau BPRS  dan BMT melalui auto debt dari rekening lain yang sudah kita miliki sebelumnya untuk setiap bulanya. 


Ini tips yang biasa dilakukan di zaman milenial yang serba teknologi dan menuntut hidup serba praktis dan simple. Tapi sepertinya tips ini khusus  bagi kita yang berpendapatan tetap dan tetap berpendapatan walau pun tidak tetap di setiap bulannya. 


6. Menggunakan pihak ketiga.


Tips terakhir merupakan alternatif terakhir saja disaat empat tips di atas sangat sulit untuk dijalankan namun memiliki niat yang kuat dan tulus serta ‘azam yang kuat untuk berkurban, maka menggunakan jasa pihak ketiga adalah salah satu solusinya.


Saat ini banyak sekali lembaga khusus kurban (Lembaga filantropi Islam, misalnya Rumah Zakat, Rumah Yatim, DT Peduli, Dompet Du’afa Republika,  dll)  yang dapat membantu menabung untuk membeli hewan kurban. kamu bisa memilih paket yang ditawarkan sesuai dengan lamanya simpanan tersebut. Selamat mencoba berbagai tips ini.