Yuk Menikmati Gurihnya Sate Maranggi

Notification

×

Iklan

Iklan

Yuk Menikmati Gurihnya Sate Maranggi

Senin, 19 Juni 2023 | 08:30 WIB Last Updated 2024-01-09T02:43:38Z




ZONAHALAL.ID-Indonesia terkenal akan ragam kuliner Nusantaranya. Salah satunya adalah Sate. Varian sajian sate di Indonesia juga sangat beragam. Setiap jenis sate memiliki kelezatan dan ciri khas tersendiri, baik itu dari segi bumbu, jenis daging, maupun cara mengolahnya.


Salah satu jenis sate yang paling populer di Indonesia adalah sate maranggi. Sate maranggi memiliki filosofi “tiga daging setusuk” yang melambangkan “Tri Tangtu”, yaitu tekad, ucap, dan tindakan dalam bahasa sunda. Itu sebabnya setiap tusuk sate maranggi terdiri atas tiga potong daging berukuran besar.


Sate maranggi pernah menjadi sajian yang dinikmati oleh Presiden Joko Widodo dalam sebuah pertemuan dengan para CEO di Korea Selatan pada 2016. Selain itu, sate maranggi juga terpilih sebagai salah satu makanan terenak menurut Kemenparekraf pada 2012.


Purwakarta menjadi pilihan utama untuk menikmati sate maranggi. Di sana banyak sekali penjual sate maranggi. Salah satunya sate maranggi yang berlokasi di dekat Stasiun Plered.



Jika berangkat dari Bandung, kita bisa menuju Plered menggunakan kereta api lokal Cibatuan dengan ongkos sebesar Rp 16.000 untuk pulang pergi. Ketika sampai di Stasiun Plered, kita akan disuguhkan dengan sebuah tempat yang bernama Kampung Maranggi. Kampung Maranggi menjadi tempat pedagang sate maranggi berjualan.


Menurut salah satu pelanggan sate maranggi di sini, hal yang membedakan sate maranggi dengan sate lainnya adalah teksturnya yang berlemak sehingga membuat sate semakin gurih.


Selain itu, bumbunya yang khas juga menambah cita rasa sate maranggi semakin nikmat. Berbeda dengan sate pada umumnya yang menggunakan bumbu kacang, sate maranggi justru menggunakan bumbu khusus berbahan dasar kecap.


Kisaran harga satu porsi sate maranggi di sini Rp 20.000 dengan isi sepuluh tusuk setiap porsinya. Ini berarti harga setiap satu tusuk sate seharga Rp 2.000 rupiah saja. Tentu ini harga yang cukup murah untuk kualitas yang luar biasa.



Pelanggan yang datang tidak hanya warga sekitar, tetapi dari berbagai tempat, seperti Bandung dan Purwakarta Kota. Hal ini dapat diartikan bahwa Kampung Maranggi sudah terkenal dengan sate marangginya yang enak dan harga ramah di kantong.


Jadi, tunggu apa lagi, cobalah sate maranggi bersama keluarga tercinta. Selamat menikmati.***(Annita Azzahra/Kartika Intan Dwi Wulandari)