Yuk Nikmati Indahnya Curug Cinulang, Wisata Air Terjun Dekat Pusat Kota Bandung

Notification

×

Iklan

Iklan

Yuk Nikmati Indahnya Curug Cinulang, Wisata Air Terjun Dekat Pusat Kota Bandung

Minggu, 30 Juli 2023 | 23:30 WIB Last Updated 2024-01-09T02:42:56Z

 



ZONAHALAL.ID-Wisata di Bandung Raya dan wilayah sekitarnya tidak akan habis dieksplorasi. Baik wisata dalam kota maupun pinggiran kota, sama menariknya untuk dikunjungi wisatawan.


Tahukah kamu dengan Curug Cinulang? Curug Cinulang merupakan air terjun yang berada di kawasan perbatasan antara Kabupaten Bandung dan Kabupaten Sumedang.


Tepatnya di Jln Cicalengka Sindang Wangi, Tanjungwangi, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Meski di terletak di perbatasan, tetapi lokasinya tidak begitu jauh dari pusat kota Bandung. Bisa diakses dengan mudah dan aman.


Ketinggian curug ini adalah 50-60 meter. Sebenarnya nama asli curug ini adalah Curug Sindulang, tetapi lebih terkenal dengan nama Curug Cinulang.


Dinamakan Curug Sindulang karena letaknya yang berada di Desa Sindulang. Namun, orang-orang tetap mengenalnya dengan Curug Cinulang.


Dari pusat Kota Bandung ke Curug Cinulang hanya memakan waktu satu jam lebih saja. Tidak lama kok, apalagi akses jalan ke sananya cukup lancar karenanya jalannya lebar.


Lokasi dan akses Curug Cinulang

Akses menuju tempat wisata ini sangat mudah dan strategis. Selain itu, rute menuju curug ini juga satu jalur dengan rute ke hutan wisata Kareumbi Gunung Masigit. Pokoknya rute yang menyenangkan.




Untuk kamu yang berasal dari Garut, Tasikmalaya, Ciamis, atau Cirebon, menuju ke Curug Cinulang bisa melewati Jalan Raya Cicalengka. Kemudian nanti langsung belok kanan atau putar arah ke kanan.


Sebaliknya bagi kamu yang berasal dari Bandung, tinggal ikuti saja Jalan Raya Bandung–Garut dari Cileunyi, Kabupaten Bandung.


Belok ke Curug Cinulang sebelah kiri jalan. Nanti setelah masuk jalan bypass Cicalengka, kamu akan menemukan jembatan dengan petunjuk ke arah Villa Aki – Enin.


Setelah masuk dan belok kiri, ada perempatan, kemudian ambil jalan kiri, terus ikuti saja jalan tersebut.


Hanya sekadar saran, lebih enak kalau wisata ke Curug Cinulang, pakai kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil.


Untuk lebih memudahkan, silakan kamu klik di google maps dengan kata kunci Curug Cinulang (https://goo.gl/maps/Ctj6TKtP76wiLSM66).


Pemandangan yang indah

Di sepanjang perjalanan, dijamin deh kamu tidak akan bosan karena di kiri-kanan jalan tersaji pemandangan yang sangat indah.


Ada hamparan sawah, sungai yang mengalir, gunung-gunung yang menjulang, dan tentu saja jalan yang berkelak-kelok.


Ditambah pula kondisi jalan menuju Curug Cinulang saat ini sudah lebih baik. Dijamin deh kamu akan lebih tidak sabar lagi untuk segera sampai di Curug Cinulang yang indah ini.


Fasilitas 

Tidak perlu khawatir soal fasilitas di Curug Cinulang. Semuanya dijamin ada. Musala tersedia, toilet juga pasti ada, warung jajanan dan makanan apalagi, siap sedia menyambut wisatawan di sana.


Kamu tidak perlu khawatir kelaparan atau kehausan. Mau shalat juga gampang. Pokoknya fasilitas yang tersedia sudah memadai meskipun lebih baik lagi kalau kualitasnya ditingkatkan.


Tiket masuk 

Dari informasi terbaru, harga tiket masuk Curug Cinulang kurang lebih Rp10.000, sedangkan tiket masuk untuk anak-anak Rp5.000 (harga tiket bisa saja berubah naik). Jadi, kamu tidak perlu khawatir tiket masuknya kemahalan ya. Harga tiket segitu cukup murah kok.


Jam operasional

Jam operasional Curug Cinulang belum ditentukan secara pasti. Sebaiknya, wisatawan berkunjung pada pagi atau siang hari menjelang sore selagi masih terang. Ditambah lagi penerangan di Curug Cinulang belum baik.



Tips berkunjung

Di curug ini, kamu bisa bermain di area air terjun atau berkeliling naik mengikuti jalan ke arah atas.


Di sana ada jembatan dari belahan bambu dan kayu. Jangan khawatir, jembatannya aman.


Kalau kebetulan sedang cuaca kurang bersahabat, misalnya hujan, air Curug Cinulang biasanya akan sedikit kotor.


Selain itu, arusnya juga cukup deras.


Oleh karena itu, selalu waspada karena di curug ini, selain jalurnya cukup terjal, juga arusnya deras.


Jangan sampai kamu bermain di aliran sungai yang deras nanti kebawa hanyut.


Oh ya satu lagi. Karena di sana masih banyak semak dan hutan, lebih baik wisatawan berkunjung dengan tertib, tidak bicara sembarangan, tidak membuang sampah di mana saja agar lingkungan sekitar terjaga.


Bagaimana, semakin tertarikkah kamu untuk cepat-cepat berlibur ke Curug Cinulang? Selamat wisata ya!