Hadirkan Kekayaan Alam dan Keragaman Budaya, Disbudpar Kabupaten Bandung Gandeng UIN SGD Gelar Roadshow Desa Wisata

Notification

×

Iklan

Iklan

Hadirkan Kekayaan Alam dan Keragaman Budaya, Disbudpar Kabupaten Bandung Gandeng UIN SGD Gelar Roadshow Desa Wisata

Selasa, 29 Agustus 2023 | 08:00 WIB Last Updated 2024-01-09T02:42:26Z

 



ZONAHALAL.ID-Upaya meningkatkan potensi wisata di Kabupaten Bandung, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) bersama Jurusan Administrasi Publik (AP) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar Roadshow Desa Wisata di titik pertama Desa Citaman.



Ketua Jurusan Administrasi Publik (AP), Khaerul Umam menjelaskan Roadshow Desa Wisata merupakan terobosan Jurusan AP berbasis pemberdayaan masyarakat khususnya 50 desa wisata di Kabupaten Bandung. 



"Bukan hanya kekayaan alam yang menjadi prioritas dari desa wisata, namun keragaman tradisi dan kebudayaan menjadi penampilan yang layak untuk dilihat oleh wisatawan," tegas Umam dalam keterangannya, Selasa (29/8/2023).



Desa Citaman adalah salah satu yang memiliki banyak keragaman tradisi dan kebudayaan seperti Tarian Jaipongan, Domba  Garut, Silat dan masih banyak lagi.




Pembukaan Roadshow Desa Wisata pada hari Sabtu (26/8/2023) dihadiri Kepala Disbudpar Kabupaten Bandung Wawan A Ridwan, dan Kepala Desa Citaman Yayan Heryana. "Kolaborasi yang dilakukan antara UIN Bandung dengan Disbudpar ini dalam rangka meningkatkan potensi yang dimiliki Desa Wisata di Kabupaten Bandung," jelasnya. 



Roadshow Desa Wisata Episode Desa Citaman dimeriahkah oleh berbagai penampilan kebudayaan serta pemilihan Putra-Putri Desa Wisata untuk mencari generasi bertalenta pada pengetahuan Desa Wisata guna mengenalkan Desa Wisata di Kabupaten Bandung secara nasional maupun internasional.



"Jurusan Administrasi Publik sudah membersamai Desa Citaman selama 1 tahun dengan didukung sub-unit jurusan yaitu Lembaga Advokasi dan Analis Kebijakan Publik (LA2KP) dalam rangka pemberdayaan masyarakat. Kedepannya akan terus meningkatkan potensi yang ada di Desa Citaman untuk menjadi Desa Wisata Mandiri" paparnya.



Dengan adanya Roadshow Desa Wisata ini sebagai bentuk mengenalkan, mengajak kepada para wisatawan untuk datang dan melihat kekayaan alam dan keragaman budaya yang dimiliki Desa Citaman. 


"Kegiatan ini tidak sebatas di Desa Citaman namun akan terus berkelanjutan di 2 episode selanjutnya yakni Episode Desa Girimekar Kecamatan Cilengkrang, dan Episode Desa Tarumajaya Kecamatan Kertasari. Jadi jangan sampai ketinggalan yah, stay tune terus di Desa Wisata selanjutnya," pungkasnya.