Pertama di Indonesia, Desa Waung Luncurkan Shelter Halal

Notification

×

Iklan

Iklan

Pertama di Indonesia, Desa Waung Luncurkan Shelter Halal

Selasa, 08 Agustus 2023 | 08:30 WIB Last Updated 2023-08-08T01:30:00Z

 




ZONAHALAL.ID- Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Satu Tulungagung, melalui KKN Berbasis Penguatan Industri Halal membidani lahirnya shelter halal di Desa Waung Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung. 


Shelter halal yang dilabeli dengan nama Pos Layanan Halal ini disinyalir menjadi poiner pelayanan dan pendampingan sertifikasi produk halal didesa, tidak hanya di Jawa Timur, tapi secara nasional. 


“Inisiasi dari UIN Satu Tulungagung sebagai Lembaga Pemeriksa Halal yang lolos assesmen BPJPH Kemenag RI tahun lalu tentu saja akan kami sambut baik,” ujar Hari Purwanto, Kepala Desa Waung dalam keterangannya, Selasa  (8/08/2023).


Sambutan hangat tersebut diwujudkan lelaki yang terbiasa disapa Mbah Lurah itu dengan menghadirkan 32 orang perangkat desa, perwakilan dari 17 desa yang ada di Kecamatan Boyolangu dan 115 Pelaku Usaha yang berhasil didata melalui survei yang dilakukan oleh 17 orang mahasiswa KKN Gelombang II UIN Satu Tulungagung.



“Harusnya (Pos Layanan Halal) ini mendapatkan perhatian lebih tidak hanya dari pimpinan tertinggi dikampus tetapi juga dari pemerintah daerah Tulunggagung,” Syamsul Umam, Kepala Pusat Pengembangan Bisnis UIN Satu Tulungagung berharap akan ada tindak lanjut serius dari keberadaan Pos Layanan Halal yang telah dirilis bersamaan dengan Sosialisasi Penguatan Produk Halal di Desa Waung tersebut.


“Jika berjalan sesuai dengan apa yang sudah direncanakan, insyaallah dengan adanya Pos Layanan Halal ini, Desa Waung akan menjadi desa percontohan produk halal, dimana semua atau paling tidak mayoritas dari pelaku usahanya sudah mendaftarkan produk-produk olahan non dagingnya untuk memiliki sertifikat halal,” harapan Elis Yusniyawati selaku DPL dan inisiotor terbentuknya Pos Layanan Halal Desa Waung.