3 Tips Agar Hati-Hati Tak Tertipu Produk Halal Palsu. Apa Aja?

Notification

×

Iklan

Iklan

3 Tips Agar Hati-Hati Tak Tertipu Produk Halal Palsu. Apa Aja?

Selasa, 12 Desember 2023 | 07:30 WIB Last Updated 2023-12-12T00:30:00Z

 


ZONAHALAL.ID -- Dengan terbukanya e-commerce dan media sosial, sekarang semua orang berkesempatan untuk berjualan. Seperti jualan bakso aci, dimsum, seblak instan, roti, dan lain-lain.


Apalagi di negara Indonesia yang mayoritas muslim, tentu kehadiran e-commerce dan media sosial menjadi peluang besar untuk berjualan produk-produk halal.

Sebab, setiap muslim wajib hukumnya menggunakan dan mengkonsumsi produk yang halal.


Dilansir dari IDN Times, Anastasia Desire menuliskan ketika kita mencari produk halal di e-commerce seperti makanan, kita bisa disuguhkan ribuan produk yang diklaim halal oleh penjual.


Padahal pada praktiknya, ada saja oknum-oknum nakal yang sengaja menjual produk makanan halal palsu. Contohnya seperti es krim yang menggunakan bahan rum, tapi tidak ditulis menggunakan rum dan tetap ditempel logo halal.


Nah, supaya kita semua tidak terjebak oleh akal-akalan oknum yang menjual produk makanan halal palsu, yuk kita lebih jeli memilih produk halal dengan beberapa langkah berikut ini.


1. Membaca komposisi pada kemasan

Ini sangat berguna ketika kita membeli produk di e-commerce atau produk makanan impor. Ketika produk halal tidak disertai dengan logo halal, maka kita perlu memastikan komposisi bahan baku yang tertera di kemasan tidak mengandung bahan-bahan haram, seperti alkohol atau babi.

Jadi, sebelum akhirnya membeli, cek dulu detailnya di deskripsi atau langsung tanya seller untuk informasi lebih detail.


2. . Memiliki logo halal MUI

MUI merupakan lembaga yang sah mengeluarkan sertifikasi halal di Indonesia. Pastikan produk makanan yang kamu konsumsi memiliki logo halal pada kemasannya ya. Logo halal MUI adalah indikator bahwa suatu produk telah memenuhi standar dan persyaratan tertentu sesuai dengan prinsip-prinsip halal dalam Islam.

Tentu, sertifikasi halal memberikan keyakinan kepada konsumen bahwa produk tersebut tidak mengandung bahan-bahan yang diharamkan dalam Islam dan diproses dengan memenuhi standar kehalalan.


3. Cek keaslian logo halal

Untuk kamu yang belum tahu, asli atau palsunya logo halal bisa langsung di cek di situs resmi MUI. Jika produk tersebut terdaftar dan memiliki sertifikat halal, bisa dipastikan produk tersebut halal. Dengan ketersediaan informasi yang akurat, konsumen dapat membuat keputusan yang lebih bijak terkait dengan konsumsi produk halal.

Penting juga untuk diingat bahwa praktik pemalsuan atau penyalahgunaan logo halal bisa terjadi, dan oleh karena itu, konsumen disarankan untuk tetap waspada. Selain memeriksa logo halal pada kemasan produk, memeriksa langsung di situs resmi MUI adalah langkah yang bijak untuk memastikan bahwa informasi tersebut sah dan terverifikasi.

Membeli produk makanan halal sebenarnya bukan hal yang sulit, selama kita juga membeli dari tempat yang jelas, seperti Kaya Halal Market. Karena Kaya Halal Market hanya menjual 100 persen makanan halal terbaik yang telah dikurasi secara teliti. Supermarket Online Halal ini menjual berbagai camilan, makanan beku, olahan daging ayam dan sapi, serta bahan makanan.

Jadi, untuk teman-teman yang ingin membeli produk halal Indonesia yang sudah terjamin keaslian halalnya, Kaya Halal Market bisa ditemukan di Shopee dan Tokopedia. Follow juga Instagram @kayahalalmarket untuk melihat info lebih lengkapnya.