Halal Zone Jadi Bahasan Pemko Padang dan Unand

Notification

×

Iklan

Iklan

Halal Zone Jadi Bahasan Pemko Padang dan Unand

Senin, 11 Desember 2023 | 07:30 WIB Last Updated 2023-12-11T00:30:00Z

ZONAHALAL.ID -- Pemerintah Kota (Pemko) Padang dan Universitas Andalas (Unand) menggelar rapat bersama dalam rangka membahas persiapan Halal Zone untuk area kampus Unand. Rapat pembahasan tersebut berlangsung di lounge Balaikota Padang, Aiepacah.


Pada kesempatan itu, Wakil Wali Kota (Wawako) Padang Ekos Albar mengatakan, Pemko Kota Padang mengapresiasi dan menyambut baik adanya ide Halal Zone (zona halal) di area kampus Unand.


Disampaikan, Pemko Padang siap membantu upaya peresmian Halal Zone di kampus Unand. Salah satunya untuk penerbitan Nomor Izin Berusaha (NIB) bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di sekitaran Unand dengan konsep halal dan aman.


“Kesempatan untuk melaksanakan program ini tidak datang dua kali. Di saat ada peluang, harus kita ambil dan laksanakan. Walaupun pelaksanaan akan dilakukan pada tahun 2024. Kita berharap program yang dibiayai oleh Bank Indonesia ini dapat dilaksanakan tiap tahun di Kota Padang,” ujar Albar dalam keteranganya, Senin (11/12/2023) 


Direktur Usaha dan Pengembangan Bisnis Unand Dr. Andani mengatakan, Halal Zone Unand atau Unand Halal Center bertujuan untuk memberikan jaminan produk makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh warga dan mahasiswa agar terjamin kehalalannya.


Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengakomodir proses menghalalkan produk UMKM di sekitar Unand. Unand Halal Center ini juga merupakan salah satu unit usaha dengan fungsi sosial dan ekonomi, yang bertujuan untuk meningkatkan kesempatan atau afirmasi beasiswa bagi mahasiswa yang kesulitan ekonomi.


“Saat ini kita tengah mempersiapkan NIB Halal Zone Unand serta beberapa hal terkait lainnya. Semoga Pemko Padang dapat membantu upaya kita ini,” harapnya.


Dalam pertemuan ini juga dihasilkan kesepakatan antara kedua belah pihak, terkait pelaksanaan pilot project untuk pendampingan lima usaha mikro di Kota Padang, yang sedang dalam proses sertifikasi halalnya melalui LP3H yang dimiliki oleh Unand.


Kemudian, juga dibahas peran Rumah Potong Hewan (RPH) dan Rumah Potong Unggas dalam menghasilkan bahan baku yang masuk dalam kategori halal. Serta rencana untuk melakukan upaya sertifikasi halal air Perumda Air Minum Kota Padang. Lalu optimalisasi penerapan zona halal di sekitar Pantai Padang terutama kawasan pujasera.