Bukan Sembarang Perintah, Inilah 5 Manfaat Konsumsi Makanan Halal

Notification

×

Iklan

Iklan

Bukan Sembarang Perintah, Inilah 5 Manfaat Konsumsi Makanan Halal

Sabtu, 20 Januari 2024 | 14:30 WIB Last Updated 2024-01-20T07:30:00Z

 





ZONAHALAL.ID -- Makanan menjadi kebutuhan pokok semua manusia. Dalam Islam, makanan yang dibolehkan untuk dikonsumsi harus halal. Ada banyak jenis makanan di sekitar kita, tapi belum tentu makanan itu halal untuk dimakan.


Allah SWT melarang umat muslim mengonsumsi makanan haram dan memabukkan. Oleh sebab itu, perlu tahu makanan yang halal dan haram untuk dikonsumsi. Tapi sebelum itu, harus diketahui terlebih dahulu apa itu makanan halal.


Halal berarti boleh dimakan, boleh digunakan. Dalam Islam, halal mempresentasikan suatu tindakan, percakapan, perbuatan, dan tingkah laku yang boleh dilakukan tanpa dikenakan dosa. Islam sangat mementingkan kebaikan dan kebersihan dalam semua aspek, baik di segi makanan menggunakan bahan-bahan yang baik, suci, dan bersih.


Makanan halal adalah makanan yang dibolehkan atau diizinkan untuk dimakan yang sesuai dengan syariat Islam. Makanan halal dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu halal menurut zatnya, halal cara mendapatkannya, dan halal dengan cara mengolahnya.

Dilansir dari Jawa Pos, ada beberapa prinsip dasar juga yang harus diperhatikan supaya makanan dianggap halal antara lain, bahan utama yang digunakan diperbolehkan, pemotongan hewan dengan syariat islam, tidak mengandung bahan haram, pengolahan yang bersih dan higienis, penyajian dan prinsip yang tidak terkontaminasi.


Dari makanan halal yang sudah memenuhi prinsip dasar halal itu akan ditemukan manfaat di dalamnya. Berikut ini 5 manfaat mengonsumsi makanan halal.

1. Ketaatan agama


Mengkonsumi makanan halal adalah perintah Allah dan wajib dijalankan. Bagi umat Muslim mengonsumsi makanan halal berarti mengikuti ajaran agama Islam. Hal itu membuat umat Muslim memiliki rasa taat dan patuh kepada ajaran agama.


2. Kesehatan fisik


Makanan halal sesuai dengan prinsip dasarnya yang bersih dan higienis dalam penyajian dan pengolahannya. Hal itu membantu mencegah penyebaran penyakit dan kontaminasi pada makanan.


Konsumsi makanan halal memberikan kepastian makanan tersebut diproduksi, diolah, dan disiapkan sesuai aturan agama Islam. Makanan itu juga dipastikan akan membawa ketenangan dan keyakinan pikiran pada individu yang mengkonsumsinya.

3. Kesadaran etis

Kesadaran etis terhadap perlindungan dan kesejahteraan hewan juga akan terdorong saat kita mengonsumsi makanan halal. Hal itu juga menunjukkan perhatian dan tanggun jawab terhadap makhluk lain pada aspek pangan.

4. Hubungan sosial dan solidaritas

Konsumsi makanan halal bersama-sama keluarga, teman, atau acara sosial seperti pernikahan, gathering perusahaan, juga akan memperkuat rasa persatuan dan persaudaraan sesama umat Muslim.

5. Pilihan pangan yang lebih luas

Makanan halal sejatinya memiliki berbagai jenis dan tersebar di berbagai penjuru dunia. Makanan halal memungkinkan untuk dinikmati variasi kuliner dari berbagai macam daerah dengan ciri khas masing-masing.