Dorong Ekosistem Industri Halal, Unisba Pamerkan Karya Produk Inovasi Hingga Hasil Penelitian

Notification

×

Iklan

Iklan

Dorong Ekosistem Industri Halal, Unisba Pamerkan Karya Produk Inovasi Hingga Hasil Penelitian

Kamis, 01 Februari 2024 | 11:30 WIB Last Updated 2024-02-01T04:30:00Z

 



ZONAHALAL.ID -- Universitas Islam Bandung (Unisba) berkolaborasi dengan civitas akademika memamerkan karya hasil produk inovasi, pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.


Wakil Rektor II Unisba Prof Dr Atih Rohaeti Dariah, SE., M.Si mengatakan, bahwa expo karya sivitas akademika Unisba baik dosen dan mahasiswa ini merupakan wujud dari sinergitas untuk mewujudkan visi Unisba.


“Kurang lebih 50 karya penelitian dipamerkan, ini menjadi motivasi bagi civitas akademika untuk melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat untuk masyarakat bangsa dan negara,” ujarnya dikutip dari laman Unisba, Kamis  (1/2/2024).


Atih menuturkan, tidak hanya produktivitas para peneliti, hasil karya tersebut bisa memberikan solusi.

"Bagaimana tradisi meneliti mengabdi bisa tertularkan kepada siswa-siswi SMA. Sebagai ajang menumbuhkan bibit-bibit muda (dalam penelitian)," ungkapnya.


Menurutnya, saat ini Indonesia masih kalah saing dalam hal penelitian dibandingkan dengan Malaysia.

“Contohnya mengakselerasi industri halal belum banyak dihasilkan, sehingga kalah bersaing,” ucap Atih.

Pasalnya, sebuah penelitian pun diharapkan bisa dipersiapkan dalam menyambut kemajuan puluhan tahun ke depan.

Nantinya, bisa bermanfaat dalam jangka panjang.

Ia mengatakan, salah satu inovasi produk halal dengan mendorong desa wisata halal, sehingga mampu menjadi pilot project ekosistem halal ke depannya.

Sementara itu, Ketua LPPM UNISBA, Neni Sri Imaniyati mengatakan, kegiatan expo tersebut telah berlangsung selama lima tahun.

“Kegiatan ini mendorong masyarakat yang berperan dalam pengembangan ekosistem halal. Kolaborasi ini sinergitas internal maupun eksternal dengan memberikan berbagai apresiasi kepada tenaga pendidik,” ucap Neni.