Bingung Mau Cari Makanan Halal, Yuk Gunakan 5 Aplikasi Ini

Notification

×

Iklan

Iklan

Bingung Mau Cari Makanan Halal, Yuk Gunakan 5 Aplikasi Ini

Sabtu, 20 April 2024 | 12:30 WIB Last Updated 2024-04-20T05:30:00Z



ZONAHALAL.ID -- Makanan halal merupakan makanan yang diolah sesuai dengan syariat Islam. Tentu saja, selain halal makanan juga harus bergizi, supaya bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan.


Berkembangnya digitalisasi ikut mendorong perluasan makna kuliner. Di sisi lain industri kuliner juga meningkat secara signifikan di Indonesia bahkan dunia. Hal ini menjadi tantangan bagi kaum muslim untuk mendapatkan makanan yang halal dan bergizi.


Tapi, jangan Khawatir, perkembangan teknologi digital yang pesat juga membuat kaum muslim tidak perlu kesulitan untuk mendapatkan makanan yang baik dan halal.


Dilansir dari laman Baznas, saat ini sudah ada sejumlah aplikasi yang mempermudahkan kaum muslim untuk mengecek makanan halal. Aplikasi ini bisa langsung diunduh di ponsel. Simak selengkapnya:


1. Halal MUI

Halal MUI adalah aplikasi yang diluncurkan oleh LPPOM MUI pada tahun 2019 dengan fitur utama sebagai alat untuk melakukan pencarian produk halal. Saat ini, aplikasi Halal MUI bisa didapat melalui playstore.


Cara penggunaan aplikasi ini juga cukup mudah, yaitu hanya dengan memasukkan kata kunci nama produk, produsen, barcode produk maupun nomor sertifikat halal. Tidak hanya pencarian produk, aplikasi ini juga mendukung pencarian restoran halal dengan cepat melalui fitur Halal Restaurant.


2. Umma

Aplikasi Umma merupakan aplikasi yang menyediakan fitur utama untuk membantu umat muslim melaksanakan ibadah sehari-hari, aplikasi ini juga dapat diunduh di playstore.


Sampai saat ini, Umma telah memiliki beberapa fitur seperti Al-Quran digital, waktu shalat yang akurat, notifikasi azan, pencari arah kiblat dengan GPS hingga pendidikan atau kelas online.


3. Crave Halal

Jika aplikasi sebelumnya hanya dapat diakses paling jauh sampai Asia Timur seperti Korea Selatan, berbeda dengan Crave Halal yang telah dapat diakses hingga Amerika Serikat dan Kanada.


Hingga saat ini Crave Halal telah menyimpan sekitar 13.000 data restoran halal yang tersebar luas di negara-negara tersebut. Aplikasi ini juga merekomendasikan restoran mana yang paling banyak dikunjungi atau paling populer di daerah tersebut.


4. Halalin

Halalin adalah aplikasi yang memiliki fokus serupa di bidang produk halal, namun aplikasi ini telah dapat diakses di Taiwan.


Tidak hanya makanan, Halalin juga menyediakan fitur untuk mencari tempat shalat terdekat. Meskipun masih baru diluncurkan pada tahun 2021, aplikasi ini telah tersedia di playstore dan cukup banyak membantu masyarakat muslim Taiwan atau Traveler.


5. Zabibah

Zabibah merupakan aplikasi yang disebut-sebut sebagai yang paling banyak digunakan oleh traveler muslim di dunia. Hal ini dikarenakan fitur yang ditawarkan telah cukup lengkap.


Fitur-fitur tersebut memberikan kemudahan untuk mencari restoran halal, produk halal, pasar halal serta masjid terdekat.


Aplikasi ini dapat diakses di beberapa negara seperti di Amerika Utara, Eropa, Australia, Singapura, Hong Kong dan Afrika.


Informasi yang diberikan oleh aplikasi ini juga cenderung terperinci, seperti menambahkan jam buka dan jam tutup, kemudian juga memberikan rekomendasi menu populer.


Nah! 5 aplikasi tersebut bisa dicoba untuk menemani penjelajahan kuliner di negara lain. Aplikasi mobile ini juga praktis dan mudah digunakan selama menikmati liburan.