Inilah Pentingnya Sertifikat Halal Bagi Pelaku UMKM

Notification

×

Iklan

Iklan

Inilah Pentingnya Sertifikat Halal Bagi Pelaku UMKM

Rabu, 31 Juli 2024 | 08:33 WIB Last Updated 2024-07-31T01:33:29Z

 



ZONAHALAL.ID -- Guna memberikan kenyamanan, keamanan suatu produk yang dikonsumsi oleh konsumen maka sangat penting adanya sertifikat halal. 


Sertifikat halal bermanfaat untuk memberikan jaminan atau kualitas dan kehalalan produk, karena berbagai bahan dan proses pembuatannya sudah sesuai dengan standar dan kriteria kehalalannya. 


Hal ini disampaikan Pendamping Halal dan Koordinator UMKM Kadin Bengkalis Raja Kartini Khairunnisa, dikutip dari RRI, Rabu (31/7/2024).


Selain meningkatkan kepercayaan dan persepsi konsumen, kata Kartini sertifikasi halal membuka peluang pasar lebih luas bagi UMKM.


"Sertifikat halal bukan sekadar label, tapi juga peluang emas bagi UMKM. Dengan sertifikat halal, produk UMKM lebih dipercaya konsumen muslim, pasar jadi lebih luas." ujarnya.


Undang-Undang Cipta Kerja nomor 02 tahun 2022 lanjut Kartini mendukung penuh UMKM mendapatkan sertifikat halal lebih mudah, ditambah lagi dengan adanya program sertifikat halal Gratis (SEHATI) dari Pemerintah. 


"Jadi, UMKM  bisa memanfaatkan momen ini agar usahanya terus bersaing di pasar yang lebih besar dan menumbuhkan perekonomian daerah Bengkalis." jelasnya.


Sementara itu untuk tingkat kesadaran masyarakat Bengkalis khususnya para pelaku UMKM untuk memiliki sertifikat halal produk semakin meningkat, karena sudah memahami pentingnya sertifikat halal untuk produk makanan. 


Kartini berharap dengan diwajibkan sertifikat halal bagi pelaku UMKM oleh Pemerintah, maka antara pelaku UMKM dengan Lembaga pendukung ekonomi dapat saling berkolaborasi. 


" Kami siap membantu masyarakat pelaku usaha untuk memperoleh sertifikat halal, apalagi saat ini masih dibuka program sertifikat halal gratis. Maka cukup menghubungi pendamping halal dengan menunjukkan identitas dan produk yang ingin dihalalkan, kemudian pendamping akan turun ke lapangan." pungkasnya