Keren! BI Apresiasi UMKM Binaan Sentra Halal UMP

Notification

×

Iklan

Iklan

Keren! BI Apresiasi UMKM Binaan Sentra Halal UMP

Sabtu, 27 Juli 2024 | 22:15 WIB Last Updated 2024-07-27T15:17:13Z

 



ZONAHALAL.ID -- Dalam acara Karya Kreatif Serayu (KKS) 2024 yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Purwokerto, sejumlah UMKM binaan Sentra Halal Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) berhasil meraih sertifikat halal. 


Acara ini menjadi bukti nyata keberhasilan Sentra Halal UMP dalam membina UMKM untuk menghasilkan produk halal dan berkualitas tinggi. Penyerahan sertifikat halal dilakukan oleh Penjabat (PJ) Bupati Banyumas dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, Christoveny. 


Ketua Sentra Halal UMP, Dr. apt Diniatik MSc mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian ini dan memberikan harapan besar kepada UMKM binaannya. Ia berharap agar UMKM binaan Sentra Halal UMP selalu memberikan yang terbaik untuk para konsumennya. 


“Sertifikasi halal bukan hanya tentang memenuhi syarat keagamaan, tetapi juga menunjukkan komitmen kami untuk memberikan produk berkualitas kepada konsumen," ujar Dr. Diniatik dikutip dari RRI, Sabtu (27/7/2024). 


Dalam acara ini, Sentra Halal UMP juga diberi kepercayaan oleh Bank Indonesia untuk membuka stand pelayanan sertifikat halal gratis. Mahasiswa yang magang sekaligus pendamping proses produk halal memberikan pelayanan ini kepada masyarakat, sebagai bentuk nyata pengabdian masyarakat oleh civitas akademika UMP.


"Alhamdulillah, semakin banyak masyarakat UMKM dan industri usaha yang belajar membuat produk halal dan mempraktekannya, sehingga usahanya layak mendapatkan sertifikat halal BPJPH. Barakallahufiikum," ungkap Dr Diniatik.


Menurutnya, acara KKS 2024 ini tidak hanya menjadi ajang pengakuan bagi UMKM yang telah memenuhi standar halal, tetapi juga memperlihatkan komitmen UMP dalam mendukung pengembangan UMKM melalui program-program unggulan dan pengabdian masyarakat yang berkelanjutan.


Sementara itu, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Purwokerto, Christoveny memberikan apresiasi tinggi terhadap UMKM di eks Karesidenan Banyumas, termasuk UMKM binaan Sentra Halal UMP, atas pencapaian ini.


"Sejak 2016, Bank Indonesia terus mendukung pengembangan UMKM melalui berbagai kegiatan seperti pameran produk unggulan, Festival KKS, dan aktivitas lainnya yang bertujuan meningkatkan kapasitas UMKM agar naik kelas. Pemberian sertifikat halal ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan kualitas dan kepercayaan konsumen," kata Christoveny.