Ruang Halal, Binaan UGM Ikut Program Startup Go Global

Notification

×

Iklan

Iklan

Ruang Halal, Binaan UGM Ikut Program Startup Go Global

Kamis, 04 Juli 2024 | 10:30 WIB Last Updated 2024-07-04T03:30:00Z



ZONAHALAL.ID -- Salah satu startup binaan Innovative Academy UGM yaitu Ruang Halal, turut berpartisipasi sebagai perwakilan UGM dalam Program Startup Go Global berkunjung ke Brisbane Australia pada 23-28 Juni lalu yang difasilitasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM guna mendukung optimalisasi startup lokal, serta memperluas jejaring kerjasama internasional bagi lembaga-lembaga inkubator Indonesia.


Dedy selaku CEO dari Ruang Halal  menyampaikan perasaan senang dan bangga menjadi perwakilan UGM dalam program Startup Go Global yang menjadi batu loncatan Ruang Halal untuk semakin memperluas jangkauan dan memperkuat posisinya di kancah internasional. “Kita mengucapkan terima kasih atas peran IA UGM yang terus mengawal berjalannya Ruang Halal sampai dengan saat ini berkesempatan mengikuti Startup Go Global,” kata Dedy dalam keterangannya, Kamis (4/7/2024)


Dedy menjelaskan bahwa Ruang Halal merupakan startup yang bergerak di bidang ekonomi halal. Layanan utama yang ditawarkan berupa konsultan halal, marketplace halal, dan hub ekspor halal, yang tersedia gratis maupun melalui program berbayar. Sebagai konsultan halal, ata Dedy, Ruang Halal memfasilitasi berbagai sektor usaha seperti UMKM, IKM, Horeca, rumah sakit, serta pabrik-pabrik baik di dalam maupun luar negeri untuk memperoleh sertifikat halal. “Untuk marketplace halal, kita memfasilitasi berbagai sektor usaha tersebut untuk memasarkan produk dan jasa halalnya, dan layanan hub ekspor halal membantu UMKM Indonesia agar dapat menembus pasar internasional,” jelasnya.


Berdiri sejak tahun 2020, Ddy menyebutkan Ruang Halal telah membantu sekitar 300 UMKM memperoleh sertifikat halal secara gratis. Selain itu, layanan berbayar mereka juga telah menarik banyak klien mulai dari restoran, cafe, dan pabrik baik di dalam maupun luar negeri.


Selain menjadi perwakilan UGM dalam program Startup Go Global di Brisbane, Ruang Halal juga telah berpartisipasi dalam pameran produk halal Indonesia di Brunei Darussalam pada tanggal 26-30 Juni 2024 lalu yang difasilitasi oleh KBRI melalui rekomendasi KNEKS serta kerjasama dengan Rumah BUMN Provinsi Jawa Tengah.


Dedy menyampaikan, apa yang telah dicapai oleh Ruang Halal hingga sekarang ini tidak lepas dari peran program IA UGM yang turut membersamai Ruang Halal untuk menjadi pelaku industri halal dan membantu program pemerintah menjadikan Indonesia sebagai pusat halal dunia. “Ruang Halal akan terus berinovasi dan berkembang,” pungkasnya.